Makalah (Dampak Penyalahgunaan Facebook)


BAB I
PENDAHULUAN

Facebook atau Buku Muka adalah salah satu situs jaringan sosial dengan beberapa fasilitas yang memungkinkan seseorang dapat menjalin pertemanan dan berkomunikasi secara aktif dengan orang atau badan organisasi, tanpa dibatasi dengan jarak, ruang, dan waktu.

A. Latar Belakang
Penggunaan internet bukanlah suatu hal yang istimewa atau khusus untuk kalangan tertentu, baik dari segi profesi, kalangan masyarakat, pendidikan dan usia. Hampir semua golongan masyarakat sudah tahu dan akrab dengan internet.
Seiring dengan perkembangan waktu dan modernisasi, internet menjadi sebuah kebutuhan dan aktifitas tetap manusia sebagai anggota masyarakat. Selain menjadi tuntutan profesi, pengembangan ilmu pengetahuan, berita, dan hiburan, berinternet juga menjadi cara alternatif seseorang untuk bergaul sebagai makhluk sosial.
Hanya dengan bermodal sebuah komputer dengan sambungan kabel LAN atau bandwidth, seseorang dapat mengakses internet dengan mudah dan bebas selama 24 jam setiap harinya (non-stop) di sebagian besar penjuru dunia ini.
Kehadiran internet memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan data yang belum tentu bisa ditemukan secara langsung dalam media cetak yang bisa dijumpai sehari-hari. Terutama karena halangan cara dan biaya yang tidak sedikit.
Di Indonesia, dapat ditemukan warung internet (warnet) yang berebaran di sepanjang pinggiran jalan. Selain itu, banyak tempat-tempat umum –lembaga pendidikan, cafe, mall, dan tempat-tempat rekreasi- yang menawarkan jasa hotspot atau wifi untuk masyarakat yang memiliki laptop dan phonebook. Di samping itu, banyak tipe ponsel yang telah dilengkapi dengan aplikasi internet.
Seiring dengan perkembangan pesat itu, banyak situs dan aplikasi pertemanan, promosi, milis, dan aplikasi-aplikasi lain. Di antaranya adalah GoogleTalk, AIM, Yahoo, Multiply, Live Messanger, mIRC, My Space, Friendster, dan Facebook.
Sejak tahun 2007, Facebook mengalami peningkatan penggunaan di Indonesia. Hingga sekarang, Indonesia menjadi salah satu negara dengan masyarakat pengguna Facebook yang besar.
Penggunaan Facebook ternyata memberi banyak dampak positif dan negatif, terutama jika digunakan secara berlebihan.

B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari makalah ini adalah Problem-problem dampak dan efek yang di timbulkan situs jaringan sosial terhadap kehidupan remaja pada saat ini. 
C. Tujuan
Makalah ini dibuat dengan tujuan menganalisis masalah-masalah dari dampak dan efek jaringan sosial terutama Facebook, baik dampak negatif dan dampak positifnya serta pemecahan probelamatikanya, sehingga masyarakat –terutama dalam hal ini Remaja- dapat menghindari hal yang merugikan.
D. Manfaat
Manfaat dari Makalah ini adalal Agar Masyarakat  terutama para Remaja dapat mengetahui  dampak dan efek yang di timbukan dari situs jaringan sosial dan cara mencegah penyalahgunaannya.

Untuk Lebih Lengkapnya Silahkan Download Disini Atau Disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karya Tulis Ilmiah (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA...)

Makalah Tentang Pergaulan Bebas

Teks Pidato Bahasa Inggris (Say No To Drugs)